PENGALAMAN CERITA PPKD JAKARTA PUSAT 2018



Hallo semua nya, nama ku ekasari. Selamat datang di web resmi ku.

Aku akan mencerita perjalanan ku selama di PPKD Jakarta Pusat. Fakta sedikit singkat tentang ku, aku saat ini adalah mahasiswi semester delapan dan tinggal di Jakarta Selatan. Jarak rumah ke PPKD Jakarta Pusat kurang lebih 10km. Setiap pagi naik Ojek Online dan pulang naik angkot 44 arah Kampung Melayu. Kadang ke kampus atau ke tempat teman untuk membuat aplikasi setelah pelatihan nya selesai. Pelatihan ini dimulai jam 07:30 tidak boleh telat dan pulang jam 3 siang.

btw, selamat tahun baru 2019 yaa semuaa!!





Hal pertama kali nya aku tau ada PPKD (Pusat Pelatihan Kerja Daerah) sejak aku pas SMK. Jadi aku mencari kembali informasi tentang PPKD disaat kuliah. Aku sempat ragu untuk mendaftarkan diri karena jarak PPKD Jakarta Selatan lebih jauh dibandingkan Jakarta Pusat. Padahal rumah ku di daerah Jakarta Selatan. Akhirnya aku memberanikan diri untuk mendaftarkan diri ke PPKD Jakarta Pusat.

Persyaratan lengkap menunggu waktu untuk tahapan tes dan wawancara. Tes PPKD ini di nilai 30% secara teori dan wawancara 70%. Soal tes terdiri 40 soal dengan waktu 45 menit. Wawancara dipanggil sesuai absen peserta saat tiba di kelas. Alhamdulillah aku lolos seleksi pada saat itu. Oh iya soal tes PPKD Jakarta ini terdiri 15 soal (MTK, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris) dan 25 soal tentang kejuruan yang kamu pilih. Kalo aku memilih kejuruan Teknik Komputer jadi soal nya tentang Dasar-Dasar Komputer.

Sedikit cerita tentang PPKD Jakarta Pusat. PPKD itu lembaga pelatihan kerja gitu. Dan di Jakarta Pusat ada tujuh jurusan, seperti Teknik Komputer, Teknik sepeda motor, Teknik pendingin, tata boga, tata busana, tata graha, dan operator komputer.


Minggu pertama dalam lima hari pertama peserta pelatihan dikumpulkan di ruangan serba guna. Dalam lima hari ini kita diberikan materi berbeda yaitu, MFD (Mental, Fisik, Disiplin), Motivasi, Keselamatan Kerja, dan Kewirausahaan.

Minggu ke dua aku di sini, diberikan seragam teknisi hitam-merah (setiap jurusan berbeda) seragam ini dipakai setiap hari ketika kegiatan kelas telah di mulai. Setiap pagi selalu diadakan apel selanjut nya kita masuk ke dalam kelas masing-masing. Jumlah peserta ada 20 orang menjadi 13 orang. Pelajaran awal pun di mulai.

Minggu ke tiga, Kami dilatih dengan serius untuk benar-benar memahami bagian dalam computer.
Minggu ke empat, Pelatihan install OS dan software.
Minggu ke lima, Pelatihan dari awal diulang hingga sampai kami mempresentasikan nya.
Minggu ke enam, latihan membuat jaringan computer dengan switch maupun router.
Minggu ke tujuh, latihan dari awal mulai pelajaran hingga akhir untuk mempersiapkan ujian kompetensi.

3 hari terakhir adalah hari tenang dan 2 hari ujian kompetensi. Senang sekali rasa nya ketika ujian praktek berjalan dengan mulus meski gue ada 1 point terakhir yang menegangkan. Tapi beruntung asesor nya kasih kesempatan untuk ngulang sekali lagi dan gue berhasil. Itu semua karena panik lalu bingung. Kuasai diri agar apa yang dikerjakan terlihat sanggup. “kamu jangan panik, coba ulang lagi saya mau liat dari awal”.

Terimakasih untuk semua nyaa mulai dari pemerintah, LSP, BNSP, PPKD, serta instruktur PPKD. Terimakasih ya Allah atas izin mu dan orang tua serta adek bandel dirumah. 

Jadi bagi yang ingin daftar dan bergabung bersama PPKD JAKARTA. Kamu bisa nyari di google dengan keyword "PPKD JAKARTA" karena setiap wilayah jakarta ada PPKD (pusat pelatihan kerja daerah).

Semoga bermanfaat bagi yang ingin dapat kerja maupun yang ingin upgrade keahlian :)

Like, share jika kamu suka and komentar jika ada pertanyaan.


x

Comments

  1. nunggu kelanjutan cerita nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Abis lebaran pantau kemari lagi yaa 😎

      Delete
  2. Soal ttg kejuruan materi dasarnya ka?

    ReplyDelete
  3. Kak materi jurusan operator komputer gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah kok perbanyak baca mengenai kejurusannya aja. Klo operator komputer biasanya lbh ke software.

      Delete
  4. Kak, mau tanya lebih lanjut terkait pelatihan teknik komputer di ppkd. Boleh ga kak? Makasih

    ReplyDelete
  5. Kalau Untuk tes wawancara seputar apa ya?

    ReplyDelete
  6. Kak untuk 15 soal MTK, B.ingg, B. Indo itu sulit nggak ya? Soalnya seperti tingkat SMA tidak kak?

    ReplyDelete

Post a Comment