Proses Akad Menikah di Jakarta 2022

Bissmillah,

Asik, gue sebagai orang yang bertempat tinggal di Jakarta dengan penuh protokol kesehatan agak merinding disko weh buat ajuin nikah. Dikepala gue bakal lebih puyeng dibandingkan sebelumnya tapi ada plusnya nikah di masa pandemi yaitu orang-orang akan selalu bersikap bersih. 

"kebersihan sebagian dari iman"

Persiapan ilmu, udah gue siapin sejak sekolah dan persiapan mental baru gue siapin setelah lulus kuliah. Memang sebegitu pentingnya ibadah panjang yang satu ini. Selain itu harus tau juga tentang apa saja hak dan kewajiban suami-istri.

Mari kita lanjutkan pembahasan ini. Berikut ini adalah proses akad nikah di jakarta 2022 :

  1. Gue mendaftarkan diri ke simkah.kemenag.go.id lalu print dokumennya atau tutorialnya disini
  2. Daftar ke RT dan RW setempat dengan lampiran FC KK & FC KTP gue dan kedua orang tua gue.
  3. Bawa berkas 1&2 ke puskesmas setempat prosesnya dari jam 7 pagi hingga jam 11 siang.
  4. Bawa berkas 1-3 ke kelurahan dan berkas lainnya lalu datang kembali setelah makan siang.
  5. Bawa berkas 1-4 ke KUA dan berkas lainnya setelah dari ke kelurahan. Proses di KUA ini hanya 1 jam kurang.
  6. Lakukan pembayaran 600rb bisa melalui BSI Mobile menggunakan kode billing yang diberikan KUA. [Menu Bayar > MPN > Pajak/Cukai/SBN/Paspor]
Setelah selesai melakukan pendaftaran, administrasi, hingga pembayaran saatnya masuk bagian dekorasi, makeup, dan makan untuk acara akad. FYI, gue akadnya dirumahaja jadi makanan emak gue yang masak dengan budget kurang lebih 2jt. Dekorasi gue beli di Shopee karena harganya lumayan buat sewa dekorasi 800rb-1,2jt, hiks. Jadi gue akalin dengan sesi photo gaya minimalist jadi terlihat lebih classic aja gtu. Karena gue ada photographernya, jadi lumayan bisa dimaksimalkan sekalian untuk sesi photo pasca wedding. 

Berikut ini adalah rincian biaya Akad yang akan dilangsungkan pada 14 July 2022 :
  1. Biaya Pendaftaran Rp.200.000 [print, fc, ongkos]
  2. Biaya KUA Rp. 600.000
  3. Biaya Dekor Rp.200.000 beli disini
  4. Biaya Makanan Rp.2.000.000
  5. Biaya Photographer Rp.500.000
Total Rp.3.500.00,-

Siapapun kamu diluar sana, semoga acara hajatan walimahan kalian dimudahkan, dilancarkan, Aamiin. Jika kamu butuh bantuan untuk dibuatkan videoundangannikahan bisa banget mesan disini harga mulai dari Rp.25.000,- banyak pilihan tema yang bisa dipilih dan bisa custom sesuai yang kamu inginkan. Sekian tulisan ini ku buat dan semoga bermanfaat. Alhamdulillah selesai juga ketikan ini hihihi.


Comments