Fakta, ada 4 tahap dalam quarter life crisis (QLC)

Faktanya, ada 4 tahap dalam quarter life crisis yang harus kita lewati untuk mencapai tujuan hidup lebih baik ke depannya.

Dari 4 tahap quarter life crisis ini, kita sudah sampai tahap mana?

Pertama-tama, perlu dipahami bahwa quarter life crisis merupakan sebuah fase kehidupan yang wajar terjadi. Tak perlu terbelenggu rasa takut, karena tanpa adanya quarter life crisis, kita justru akan santai-santai saja menjalani kehidupan kita—yang diam-diam mungkin bermasalah tanpa kita sadari. Mengutip teori yang disampaikan peneliti Robinson, Wright, dan Smith, kata Alexandra Gabriella A., M.Psi, Psi., C.Ht, psikolog dan hipnoterapis di Smart Mind Center, quarter life crisis terbagi dalam 4 tahap.

Pertama adalah locked-in, saat krisis mulai muncul karena kita merasa enggak nyaman lagi dengan struktur kehidupan kita.

Kedua adalah separation/time out, saat kita mulai menjaga jarak, baik secara fisik maupun emosional dengan rutinitas atau komitmen kita.”

Tahap ketiga quarter life crisis disebut exploration, sebuah tahap menggali apa yang menjadi gol baru bagi kita.

Tahap keempat rebuilding, Di sini kita dianggap sudah menemukan komitmen yang baru dan punya perencanaan yang jelas untuk meraihnya.

Jadi, kalau kita baru berada dalam kondisi tahap pertama dan kedua quarter life crisis, entah itu krisis dalam kehidupan finansial, percintaan, atau karier, janganlah terburu-buru mengambil keputusan atau berganti arah!

sumber: nova.grid.id





Comments