Cara Teknik Belajar Berenang dari dasar (nol)




1. Pemanasan itu penting

2. Penyesuaian dengan air
Murid diajak menyelam sambil diberi hitungan jari untuk mengalihkan ketakutan terhadap air. Lakukan hingga 20x agar terbiasa dengan tekanan didalam kolam renang.

3. Latihan bernafas dalam air
Ajak murid mengambil napas di atas lalu buang nafas dengan membuat gelembung didalam air lakukan hingga 20x atau hingga lancar.

4. Latihan mengapung dan meluncur
Mengapungkan badan dilakukan ditepi kolam renang guna untuk belajar memahami rasa bagaimana ketika mengapung di atas air. Jika badan telah mengapung dengan sempurna (badan dan kaki sejajar lurus dengan air kolam) maka lakukan peluncuran. Kegiatan ini adalah teknik dasar dari renang yaitu meluncur. Meluncur dalam air itu kegiatan yang sederhana namun bisa menentukan apakah murid berhasil atau tidaknya dalam belajar mengapung.

5. Latihan gaya katak
Meluncur bisa kini saatnya masuk ke tahap gaya renang yang mudah! Gaya Katak adalah gaya renang yang menirukan gerakan katak namun bisa disebut juga gaya dada. Karena renang gaya katak merupakan renang dengan kecepatan paling lambat dari gaya renang lainnya begitu halnya dengan gaya dada yg pergerakannya lambat karena memiliki berbagai hambatan di dalam air dan saat pengaturan nafas. Inget gaya katak ini adalah: jongkok - tendang lebar - tutup lurus.

6. Ulangi latihan 3-5 hingga lancar
Gerakan yang telah dilakukan berulang dengan santai dan fokus untuk pemula membuat pemula dapat memahami belajar dengan cepat. Jika gerakan gaya katak sudah dapat dilakukan maka lancarkan kembali dengan tahapan seperti ini: jongkok - tendang lebar - tutup lurus - gelembung - ambil nafas - dan kembali ke jongkok.

Semoga ini bermanfaat bagi pembaca atau bagi yang ingin belajar mandiri atau bagi apapun hal itu. Jika bermanfaat jangan lupa komentar dan share blog ini. Terima kasih.


EkaSariO


Comments