Kumpulan Contoh SOAL Sistem Informasi Akuntansi dan Jawaban LENGKAP




1.      Apakah yang dimaksud dengan pengauditan internal?
a.      Pemeriksaan atas pengendalian umum dan aplikasi atas sebuah Sistem Informasi untuk menilai kepatuhannya dengan kebijakan dan prosedur pengendalian internal serta efektivitas dalam pengamanan aset.
b.      Pemeriksaan keterandalan dan integritas dari transaksi-transaksi keuangan, catatan akuntansi, dan laporan keuangan.
c.       Pemeriksaan penggunaan yang ekonomis dan efisien atas sumber daya dan pencapaian tujuan serta sasaran yang diterapkan.
d.      Pemeriksaan kepatuhan organisasi dengan hukum, peraturan, kebijakan, dan prosedur yang berlaku.
e.      Aktivitas penjaminan dan konsultasi yang didesain untuk menambah nilai dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi, serta mencapai tujuan organisasi.
Diambil dari buku1 edisi 13 hal 379

2.      “Pemeriksaan keterandalan dan integritas dari transaksi-transaksi keuangan, catatan, akuntasi, dan laporan keuangan.” Adalah prngertian dari audit?
a.      Pengauditan internal.
b.      Audit keuangan.
c.       Audit sistem informasi.
d.      Audit oprasional.
e.      Audit kepatuhan.
Diambil dari buku1 edisi 13 hal 380

3.      Manakah dari pernyataan-pernyataan berikut ini yang merupakan karakteristik pengauditan?
a.      Pengauditan adalah sebuah proses sistematik, langkah demi langkah.
b.      Pengauditan melibatkan pengumpulan dan pemeriksaan atas bukti.
c.       Pengauditan melibatkan penggunaan kriteria yang diterapkan untuk mengevaluasi bukti.
d.      Jawaban a, b, dan c benar.
e.      Mengeleminasi kebutuhan untuk menguji pengendalian selama audit reguler.
Diambil dari buku1 edisi 13 hal 379

4.      Pada tahap proses audit apa konsep penjaminan memadai dan materalitas masuk ke dalam proses keputusan auditor?
a.      Perencaan.
b.      Pengumpulan bukti.
c.       Evaluasi bukti.
d.      Konsep tersebut penting dalam ketiga tahap yang disebutkan pada poin a,b, dan c.
e.      Audit kepatuhan.
Diambil dari buku1 edisi 13 hal 382
5.      Manakah dari teknik-teknik berikut yang merupakan teknik audit bersama yang mengawasi seluruh transaksi dan mengumpulkan data yang memenuhi kriteria tertentu yang dispesifikasikan oleh auditor?
a.      SCARF.
b.      Perbandingan kode sumber.
c.       Teknik snapshot.
d.      Audit hooks.
e.      Audit investigatif.
Diambil dari buku1 edisi 13 hal 390-392

6.      Apa yang dimaksud dengan audit investigatif?
a.      Sebuah pemeriksaan atas kejadian dari penipuan yang mungkin terjadi, penggunaan aset yang tidak tepat, pemborosan dan penyalahgunaan, serta aktivitas tata kelola yang buruk.
b.      Pemeriksaan kepatuhan organisasi dengan hukum, peraturan, kebijakan, dan prosedur yang berlaku.
c.       Pemeriksaan penggunaan yang ekonomis dan efisien dari sumber daya dan pencapaian tujuan serta sasaran yang di tetapkan.
d.      Pemeriksaan atas pengendalian umum dan aplikasi atas sebuah sistem informasi untuk menilai kepatuhannya dengan kebijakan dan prosedur pengendalian internal serta efektivitas dalam pengamanan aset.
e.      Semua jawaban salah.
Diambil dari buku1 edisi 13 hal 380

7.      Manakah dari teknik-teknik berikut yang merupakan teknik komputer yang membantu auditor dalam memahami logika program dengan mengidentifikasi seluruh kejadian atas variabel tertentu?
a.      Program pemetaan.
b.      Penelusuran program.
c.       Rutinitas pemindaian.
d.      Bagan alir otomatis.
e.      Jawaban a,b,c, dan d benar.
Diambil dari buku1 edisi 13 hal 392

8.      Prosedur-prosedur berikut digunakan untuk mendeteksi perubahan program yang tidak diotorisasi, kecuali?
a.      Simulasi paralel.
b.      Pemrosesan ulang.
c.       Kode pemrograman ulang.
d.      Perbandingan kode sumber.
e.      penelusuran program.
Diambil dari buku1 edisi 13 hal 388

9.      Jenis audit manakah yang melibatkan pemeriksaan atas pengendalian umum dan aplikasi, yang berfokus pada penentuan apakah terdapat kepatuhan apakah terdapat kepatuhan atas kebijakandan pengamanan asetyang memadai?
a.      Audit keuangan.
b.      Audit kepatuhan.
c.       Audit sistem informasi.
d.      Audit investigatif.
e.      Audit operasional.
Diambil dari buku1 edisi 13 hal 379

10.  Apakah pendekatan empat langkah untuk evaluasi pengendalian internal yang memberikan sebuah kerangka kerja logis untuk melaksanakan sebuah audit?
a.      Pengujian pengendalian.
b.      Tinjauan sistem.
c.       Analisis risiko bawaan.
d.      Simulasi paralel.
e.      Pendekatan berbasis risiko untuk pengauditan.
Diambil dari buku1 edisi 13 hal 381

11.  Tujuan dari sebuah audit sistem informasi adalah?
a.      Meminimalkan kebutuhan untuk modifikasi yang mahal setelah sistem diimplementasikan.
b.      Mengizinkan desain atas jejak audit selama tindakan tersebut ekonomis.
c.       Mengeliminasi kebutuhan untuk menguji pengendalian selama audit reguler.
d.      Jawaban a, b, c, dan d salah.
e.      Untuk memeriksa dan mengevaluasi pengendalian internal yang melindungi sistem.
Diambil dari buku1 edisi 13 hal 384

12.  (1). Evaluasi atas bukti audit.
(2). Pengumpulan bukti audit.
(3). Perencanaan audit.
(4). Pengomunikasian hasil audit.
Manakah urutan yang benar dari tinjauan menyeluruh atas proses pengauditan?
a.      (4), (1), (2), (3).
b.      (3), (2), (1), (4).
c.       (1), (2), (3), (4).
d.      (3), (2), (1), (4).
e.      (3), (4), (2), (1).
Diambil dari buku 1 edisi 13 hal 381





13.  Berikut ini adalah teknik – teknik audit bersamaan, kecuali?
a.      Teknik snapshot.
b.      System Control Audit Review File (SCARF).
c.       Audit hooks.
d.      Continuous and Intermittent Simulation (CIS).
e.      Tes pembuatan data.
Diambil dari buku 1 edisi 13 hal 392

14.  Setelah menguji sebuah program baru, auditor menyimpan salinan dari kode sumbernya auditor menggunakan?
a.      Simulasi paralel.
b.      Program perbandingan kode sumber.
c.       Pemrosesan ulang.
d.      Penelurusan program.
e.      Program tabel keputusan otomatis.
Diambil dari buku 1 edisi 13 hal 388

15.  Apa yang dimaksud dengan Audit Hooks?
a.      Melekatkan sebuah modul audit dalam sebuah sistem manajemen database yang menguji seluruh transaksi yang memperbaharui database.
b.      Menggunakan modul audit yang dilekatkan untuk terus menerus mengawasi aktivitas transaksi.
c.       Menyisipkan catatan-catatan fiktif yang yang mempresentasikan divisi, departemen, pelanggan, atau pemasok fiktif dalam file.
d.      Rutinitas audityang memberitahu para auditor atas transaksi-transaksi yang di pertanyakan, biasanya saat transaksi tersebut terjadi.
e.      Mengartikan kode sumber dan menghasilkan sebuah bagan alir program.
Diambil dari buku 1 edisi 13 hal 392
















Bab 11 soal no 16 sampai 30
16.  Urutan manakah yang benar dari siklus pendapatan?
a.      (1). Entri Pesanan Penjualan
(2). Pengiriman
(3). Penagihan dan Piutang Usaha.
(4). Penagihan Kas.
b.       (1). Entri Pesanan Penjualan.
 (2). Pengiriman
 (3). Penagihan Kas
 (4). Penagihan dan Piutang Usaha
c.        (1). Pengiriman.
 (2). Penagihan Kas.
 (3). Entri Pesanan Penjualan.
 (4). Penagihan dan Piutang Usaha.
d.       (1). Entri Pesanan Penjualan.
 (2). Penagihan dan Piutang Usaha.
 (3). Penagihan Kas.
 (4). Pengiriman.
e.       (1). Penagihan dan Piutang Usaha.
 (2). Pengiriman.
 (3). Entri Pesanan Penjualan.
 (4). Penagihan Kas.
Diambil dari buku 2 hal 7 – 25

17.  Apakah tujuan utama dari Penagihan dan Piutang Usaha?
a.      Untuk menjaga kiriman uang pelanggan.
b.      Untuk secara akurat dan efisien memproses pelanggan, memastikan bahwa perusahaan dibayar untuk semua penjualan secara kredit, dan bahwa semua penjualan sah, serta untuk meminimalkan hilangnya pendapatan akibat dari manajemen persediaan yang kurang baik.
c.       Untuk memastikan bahwa para pelanggan ditagih untuk semua penjualan, bahwa faktur akurat, dan bahwa catatan rekening pelanggan dipelihara secara akurat.
d.      Untuk memenuhi pesanan pelanggan secara efisien dan akurat, serta untuk menjaga persediaan.
e.      Jawaban a, b, c, dan d salah.
Diambil dari buku 2 hal 31 – 36






18.  Tujuan apa saja yang harus dicapai oleh Sistem Informasi Akuntasi dalam siklus pendapatan?
a.      Semua transaksi telah diotorisasikan dengan benar.
b.      Semua transaksi yang dicatat valid (benar-benar terjadi).
c.       Aktivitas bisnis dilaksanakan secara efisien dan efektif.
d.      Jawaban a, b, c, dan d benar.
e.      Aset (kas, persedian, dan data) dijaga dari kehilangan ataupun pencurian.
Diambil dari buku 2 hal 30

19.  Ancaman apa saja yang bisa terjadi dalam Entri Pesanan Penjualan?
a.      Kesalah pengiriman, dan Pencurian persediaan.
b.      Kehilangan data, dan Kinerja yang buruk.
c.       Kegagalan untuk menagih pelanggan, dan kesalahan dalam penagihan.
d.      Penjualan secara kredit ke pelanggan yang memiliki catatan kredit buruk, dan kesalahan dalam memasukan data ketika memperbaharui piutang usaha.
e.      Pesanan pelanggan yang tidak lengkap, dan Legitimasi pesanan.
Diambil dari buku 2 hal 31

20.  Tugas-tugas yang memerlukan pengawasan dari data operasional adalah?
a.      Merespon pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan.
b.      Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak.
c.       Menentukan ketersediaan persediaan.
d.      Jawaban a, b, c, dan d benar.
e.      Memilih metode untuk mengirim barang.
Diambil dari buku 2 hal 40

21.  Dalam pengendalian internal yang baik atas kiriman uang dari pelanggan, staf administrasi bagian surat-menyurat harus memisahkan berbagai cek dari laporan kiriman uang dan mengirim dokumen-dokumen tersebut kepada?
a.      Penagihan.
b.      Kasir.
c.       Piutang usaha.
d.      Kontroler.
e.      Staf pengiriman.
Diambil dari buku 2 hal 43

22.  Aktivitas mana yang merupakan bagian dari proses Entri Proses Penjualan?
a.      Menetapkan batas kredit pelanggan.
b.      Mempersiapkan dokumen pengiriman.
c.       Memeriksa kredit pelanggan.
d.      Menyetujui retur penjualan.
e.      Persiapan dan tinjauan laporan kinerja.
Diambil dari buku 2 hal 31

23.  Apakah yang dimaksud dengan siklus pendapatan?
a.      Memproses pesanan pelanggan secara akurat dan efisien, memastikan bahwa perusahaan dibayar untuk semua penjualan secara kredit, dan bahwa semua penjualan sah, serta untuk meminimalkan hilangnya pendapatan akibat dari manajemen persediaan yang kurang baik.
b.      Memenuhi pesanan pelanggan secara efisien dan akurat, serta untuk menjaga persediaan.
c.       Memastikan bahwa para pelanggan ditagih untuk semua penjualan, bahwa faktur akurat, dan bahwa catatan rekening pelanggan dipelihara secara akurat.
d.      Menjaga kiriman uang pelanggan.
e.      Rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut.
Diambil dari buku 2 hal 5

24.  Apakah tujuan utama dari siklus pendapatan?
a.      Rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi yang terkait yang terus berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut.
b.      Aktivitas pemrosesan informasi yang mengemas ulang serta meringkas informasi dari entri pesanan penjualan dan aktivitas pengiriman.
c.       Penagihan kas.
d.      Jawaban a, b, c, dan d salah.
e.      Untuk menyediakan produk yang tepat di tempat dan waktu yang tepat dengan harga yang sesuai.
Diambil dari buku 2 hal 5

25.  Ancaman apa saja yang bisa terjadi pada proses penagihan kas?
a.      Kegagalan untuk menagih pelanggan.
b.      Kesalahan dalam penagihan.
c.       Kesalahan dalam memasukan data ketika memperbarui piutang usaha.
d.      Kehilangan data.
e.      Pencurian.
Diambil dari buku 2 hal 31










26.  (1). Pesanan pelanggan yang tidak lengkap atau tidak akurat.
(2). Penjualan secara kredit ke pelanggan yang memiliki catatan kredit yang buruk.
(3). Legitimasi pesanan.
(4). Habisnya persediaan, biaya penggudangan, dan pengurngan harga.
Dari data yang di sebutkan di atas, adalah ancaman dalam proses apa?
a.      Pengiriman.
b.      Penagihan dan Piutang Usaha.
c.       Penagihan kas.
d.      Entri pesanan penjualan.
e.      Maslah-masalah pengendalian umum.
Diambil dari buku 2 hal 31

27.  Pemeriksaan edit yang bisa digunakan untuk memastikan akurasi dalam memperbarrui rekening pelanggan adalah?
a.      Pemeriksaan validalitas atas pelanggan dan nomor faktur.
b.      Verifikasi closed-loop untuk memastikan bahwa rekening yang benar yang di kredit.
c.       Jawaban a, b, c benar.
d.      Pemeriksaan field memastikan bahwa nilai numerik yang dimasukkan untuk jumlah pembayaran.
e.      Tidak ada dari jawaban di atas yang benar.
Diambil dari buku 2 hal 35

28.  Apa saja atribut atau kunci utama dari staf pengiriman?
a.      Nomor kunjungan, tanggal, jam, tujuan, tanda pengenal (ID), nomor tenaga penjualan.
b.      Nomor pengirim, nama, kontak utama.
c.       Nomor pelanggan, nama, alamat penagihan.
d.      Nomor pesanan punjualan, tanggal, tanda pengenal pelanggan.
e.      Nomor pegawai, nama, tanggal mulai bekerja, tanggal lahir, gaji, nomor manager.
Diambil dari buku 2 hal 43

29.  Apa salah satu keuntungan penting yang diberikan oleh model REA?
a.      Menentukan harga produk dan jasa.
b.      Memutuskan janhka waktu kredit yang di tawarkan.
c.       Merencakan kampanye pemasaran yang baru.
d.      Menetapkan kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi.
e.      Pengambil keputusan dapat menarik informasi siklus pendapatan yang diinginkan dengan bahasa permintaan yang mudah digunakan.
Diambil dari buku 2 hal 46






30.  Dokumen yang sering dilampirkan bersama barang dagangan yang dikirim ke pelanggan?
a.      Slip pengepakan.
b.      Daftar pengambilan barang.
c.       Nota kredit.
d.      Pesanan penjualan.
e.      Semua jawaban salah.
Diambil dari buku 2 hal 43
Bab 12 soal no 31-45
31.  Tujuan utama dari siklus pengeluaran adalah?
a.      Untuk meminimalkan biaya total memperoleh dan memelihara persediaan, perlengkapan, dan berbagai layanan yang dibutuhkan organisasi untuk berfungsi.
b.      Rangkaian kegiatan bisnis dan operasional pemrosesan data terkait yang berhubungan dengan pembelian serta pembayaran barang dan jasa.
c.       Mendukung kinerja efektif berbagai aktivitas bisnis organisasi secara efisien.
d.      Metode alternatif lainnya untuk mengelola persediaan.
e.      Jawaban a, b, c, dan d benar.
Diambil dari buku 2 hal 74

32.  Dari soal nomor 31 yang merupakan salah satu fungsi Sistem Informasi Akuntansi adalah opsi?
a.      (B).
b.      (A).
c.       (D).
d.      (C).
e.      (E).
Diambil dari buku2 hal 74

33.  Aktivitas bisnis dalam siklus pengeluaran adalah?
a.      Mengambil pesanan, pemeriksaan validitas, dan uji kelengkapan.
b.      Memesan barang, menerima barang, dan membayar barang.
c.       Uji kelengkapan,memeriksa ketersediaan, dan pemeliharaan data.
d.      Pemebritahuan pembayaran, laporan bulanan, dan uji kelengkapan.
e.      Memesan barang, membayar barang, dan mengmabil pesanan.
Diambil dari buku 2 hal 76

34.  Apakah tujuan Materials Requierment Planning (MRP)?
a.      Memperkirakan kebutuhan.
b.      Mengelola persediaan.
c.       Permintaan untuk membeli barang.
d.      Untuk melakukan pengiriman.
e.      Mengurangi tingkat persediaan yang dibutuhkan dengan cara menjadwalkan produksi.
Diambil dari buku 2 hal 78

35.  “Metode alternatif lainnya untuk mengelola persediaan” adalah pengertian dari?
a.      Sistem persediaan just-in-time.
b.      Materials Requierment Planning.
c.       Permintaan pembelian.
d.      Pesanan pembelian tetap.
e.      Semua jawaban benar.
Diambil dari buku 2 hal 79

36.  Apakah yang dimaksud dengan pesanan pembelian?
a.      Komitmen untuk membeli barang tertentu dengan harga yang telat ditetapkan.
b.      Jumlah pesanan pembelian yang diproses.
c.       Penerimaan dan penyimpanan barang yang dipesan.
d.      Dokumen utama yang digunakan dalam subsistem penerimaan dalam siklus pengeluaran.
e.      Sebuah dokumen atau formulir elektronis yang secara formal meminta pemasok untuk menjual dan mengirimkan produk yang disebutan dengan harga yang telah ditentukan.
Diambil dari buku 2 hal 81

37.  Dari soal nomor 36 yang merupakan pengertian dari pesanan pembelian tetap adalah?
a.      (A).
b.      (C).
c.       (D).
d.      (B).
e.      (E).
Diambil dari buku 2 hal 82

38.  Masih membahas soal nomor 36, yang merupakan pengertian dari laporan penerimaan adalah?
a.      (C).
b.      (D).
c.       (E).
d.      (A).
e.      (B).
Diambil dari buku 2 hal 85

39.  Apa saja ancaman yang ada pada proses pesan barang dalam siklus pengeluaran?
a.      Mencegah kehabisan atau kelebihan persediaan.
b.      Menerima barang yang tidak dipesan.
c.       Membuat kesalahan dalam penghitungan.
d.      Mencuri persediaan.
e.      Kesalahan mencatat.
Diambil dari buku 2 hal 98

40.  (1). Menerima barang yang tidak dipesan.
(2). Membuat kesalahan dalam penghitungan.
(3). Mencuri persediaan.
Adalah ancaman dari proses … dalam siklus pengeluaran.
a.      Bayar faktur dari vendor.
b.      Pesan barang.
c.       Pengendalian umum.
d.      Membeli barang barang berkualitas rendah.
e.      Terima dan simpan barang.
Diambil dari buku 2 hal 98

41.  “Hadiah dari pemasok untuk para staf bagian pembelian dengan tujuan mempengaruhi pilihan pemasok mereka” adalah pengertian dari?
a.      Inquiry.
b.      Evaluated receipt settlement (ERS).
c.       Pesanan pembelian.
d.      Field.
e.      Kickback.
Diambil dari buku 2 hal 100

42.  Dalam siklus pengeluaran Sistem Informasi Akuntansi memiliki beberapa fungsi, yaitu?
a.      Menetapkan kapan dan seberapa banyak tambahan persediaan yang akan dipesan.
b.      Memillih pemasok yang tepat untuk pesanan.
c.       Mengawasi kebutuhan arus kas untuk membayar kewajiban yang belum diselesaikan.
d.      Memferivikasi akurasi faktur dari vendor.
e.      Memutuskan apakah diskon pembelian harus dimanfaatkan.
Diambil dari buku 2 hal 110

43.  Apa saja atribut pada proses permintaan pesanan ?
a.      Nomor permintaan, nomor barang, dan jumlah.
b.      Nomor pesanan pembelian, nomor barang, jumlah, dan biaya per unit yang sebenarnya.
c.       Nomor pemesanan pembelian, tanggal, jumlah total, dan nomor pesanan.
d.      Nomor barang, deskripsi, dan biaya setandar.
e.      Nomor permintaan, dan nomor pemesanan pembelian.
Diambil dari buku 2 hal 113








44.  Manakah pasangan berikut ini yang dilakukan dalam evaluated receipt settlement?
a.      Pesanan pembelian dengan laporan penerimaan.
b.      Faktur dari vendor dengan laporan penerimaan.
c.       Faktur dari vendor dengan pesanan pembelian.
d.      Faktur dari vendor, laporan penerimaan, dan pesanan pembelian.
e.      Pesanan pembelian dengan faktur dari vendor.
Diambil dari buku 2 hal 90

45.  Manakah dari prosedur berikut yang didesain untuk mencegah staf bagian pembelian dari menerima komisi (kickback)?
a.      Mensyaratkan para staf bagian pembelian untuk mengungkapkan investasi keuangan mereka dalam pemasok potensial.
b.      Memelihara daftar pemasok yang disetujui dan mensyaratkan semua pembelian dilakukan dari pemasok yang terdapat di daftar tersebut.
c.       Mensyaratkan persetujuan untuk semua pesanan pembelian.
d.      Memberikan nomor tercetak dan secara periodik memeriksa semua pesanan pembelian.
e.      Tidak jawaban yang benar.
Diambil dari buku 2 hal 100
Bab 13 soal no 46-60
46.  Apa yang dimakasud dengan siklus produksi?
a.      Mendesain sebuah produk yang memenuhi permintaan dalam hal kualitas, ketahanan, dan meminimalkan biaya produksi.
b.      Menyebutkan nama bahan baku, deskripsi, serta jumlah masing-masing komponen bahan baku yang digunakan dalam satu unit produk jadi.
c.       Mengembangkan rencana produksi yang cukup efisien untuk memenuhi pesanan yang ada dan menantisipasi permintaan jangka pendek tanpa menimbulkan kelebihan barang jadi.
d.      Membebankan biaya ke setiap pusat pengerjaan, dalam siklus produksi.
e.      Rangkaian aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan data terkait yang terus terjadi yang berkaitan dengan pembuatan produk.
Dambil dari buku 2 hal 139

47.  Informasi akuntansi biaya yang akurat dan tepat waktu merupakan input yang penting dalam keputusan?
a.      Bauran produk (apa yang akan diproduksi).
b.      Penetapan harga produk.
c.       Alokasi dan perencaan sumber daya.
d.      Jawaban a, b, c, dan d benar.
e.      Menejemen biaya.
Diambil dari buku 2 hal 140


48.  yang merupakan dua dokumen utama dalam aktivitas desain produk adalah?
a.      Jadwal induk produksi, dan daftar bahan baku.
b.      Daftar bahan baku, dan prosedur pembuatan produk.
c.       Daftar perencanaan, dan penjadwalan pembuatan produk.
d.      Jadwal induk produksi, dan prosedur pembuatan.
e.      Penjadwalan pembuatan, dan daftar bahan baku.
Diambil dari buku 2 hal 141

49.  “Kelanjutan dari perencanaan dari sumber daya bahan bakuyang mencari keseimbangan antara kapasitas produksi yang ada dan kebutuhan bahan baku untuk memenuhi perkiraan permintaan penjualan”
a.      Manufacturing resource planning (MRP-II).
b.      Master production schedule (MPS).
c.       Sistem produksi just-in-time (JIT).
d.      Computer-integrated manufacturing (CIM).
e.      Perencanaan sumer daya produksi.
Diambil dari buku 2 hal 142

50.  Dalam proses perencanaan dan penjadwalan terdapat beberapa ancaman, yaitu?
a.      Kelebihan produksi atau kekurangan produksi, investasi yang tidak optimal dalam aktiva tetap.
b.      Pencurian atau perusakan persediaan dan aktiva tetap.
c.       Kesalahan pencatatan.
d.      Data biaya yang tidak akurat.
e.      Kinerja yang kurang baik.
Diambil dari buku 2 hal 154

51.  Nomor pegawai, nama, tanggal dipekerjakan, jumlah pegawai yang disupervisi, dll.
Adalah atribut dari?
a.      Pegawai.
b.      Supervisior.
c.       Kasir.
d.      Manager.
e.      Semua opsi di atas salah.
Diambil dari buku 2 hal 168

52.  Sebagian besar biaya terkunci dalam tahap mana dalam siklus produksi?
a.      Desain produk.
b.      Perencanaan produk.
c.       Operasi produk.
d.      Akuntansi biaya.
e.      Jadwal induk produksi.
Diambil dari buku 2 hal 142
53.  Yang termasuk dalam biaya pengendalian kualitas yaitu?
a.      Biaya pencegahan, biaya kegagalan eksternal, dan biaya kegagalan internal.
b.      Biaya pegawai, biaya pemeriksaan, dan biaya kegagalan eksternal.
c.       Biaya kegagalan internal, biaya pengiriman, dan biaya pegawai.
d.      Biaya pemeriksaan, biaya kurir, dan biaya pegawai.
e.      Biaya internal, biaya standar kualitas, dan biaya eksternal.
Diambil dari buku 2 hal 160

54.  Di manakah informasi mengenai semua komponen, dan jumlah mereka, yang digunakan untuk membuat barang jadi ditemukan?
a.      Daftar operasi.
b.      Jadwal induk produksi.
c.       Daftar bahan baku.
d.      Perintah produksi.
e.      Perencanaan sumber daya produksi.
Diambil dari buku 2 hal 143

55.  Prosedur pengendalian manakah yang mungkin paling tidak efektif dalam mengurangi ancaman kehilangan persediaan?
a.      Membatasi akses fisik ke persediaan.
b.      Mendokumentasikan semua transfer ke persediaan dalam perusahaan.
c.       Laporan penggunaan bahan baku rutin yang menekankan selisih dari standar.
d.      Secara periodik menghitung persediaan dan menyelidiki penyimpangan antara perhitungan dan jumlah yang tercatat.
e.      Memiliki data terinci mengenai biaya jaminan dan perbaikan.
Diambil dari buku 2 hal 154

56.  “(total unit yang diproduksi/waktu pemrosesan)x(waktu pemrosesan/total waktu)x(barang yang sempurna/total unit)”
Rumus di atas adalah rumus untuk menghitung?
a.      Hasil.
b.      Kapasitas produktif.
c.       Waktu pemrosesan.
d.      Perolehan,
e.      Jumlah produksi.
Diambil dari buku 2 hal 159

57.  Ancaman dalam operasi akuntansi biaya adalah?
a.      Kesalahan pencatatan dan memasukan data mengakibatkan data biaya yang tidak akurat.
b.      Investasi yang tidak optimal dalam aktiva tetap.
c.       Kelebihan produksi.
d.      Kekurangan produksi.
e.      Perusakan aktiva tetap. (diambil dari buku 2 hal 154)
58.  Tujuan dari sistem akuntansi biaya adalah?
a.      Memberikan informasi untuk perencanaan, pengendalian, dan evaluasi kinerja produksi.
b.      Memberikan data biaya yang akurat.
c.       Mengenai produk untuk digunakan dalam menetapkan harga serta keputusan bauran produk.
d.      Jawaban a, b, c, dan d benar.
e.      Mengumpulkan dan memproses informasi yang digunakan untuk menghitung persediaan.
Diambil dari buku 2 hal 148

59.   “mengembangkan rencana produksi yang cukup efisien untuk memenuhi pesanan yang ada dan mengantisipasi permintaan jangka pendek tanpa menimbulkan kelebihan persediaan barang jadi” merupakan tujuan dari?
a.      Model perencanaan.
b.      Peran akuntan.
c.       Operasi produksi.
d.      Pemrosesan informasi.
e.      Perencanaan dan penjadwalan.
Diambil dari buku 2 hal 142

60.  Disebut apakah jumlah unti barang tanpa cacat yang diproduksi dalam suatu periode?
a.      Kapasitas produksi.
b.      Waktu pemrosesan produksi.
c.       Hasil.
d.      Perolehan.
e.      Kelebihan produksi.
Diambil dari buku 2 hal 159

Bab 14 soal no 61-75
61.  Apa saja tugas penting dalam siklus manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) atau penggajian?
a.      Memecat pegawai.
b.      Memberikan tugas pekerjaan.
c.       Merekrut dan mempekerjakan pegawai baru yang kurang berpengalaman.
d.      Memberikan bonus pada pegawai tetap.
e.      Mengevaluasi kinerja pegawai baru.
Diambil dari buku 2 hal 184


62.  Yang merupakan aktivitas pertama dalam siklus manajemen SDM adalah?

a.      Validasi data dan pemotongan pajak.
b.      Pembaruan file induk penggajian.
c.       Perbarui tarif dan validasi kehadiran.
d.      Mempersiapkan penggajian dan pemotongan pajak.
e.      Pembaruan tarif dan mempersiapkan penggajian.
Diambil dari buku 2 hal 190

63.  “pembaruan file induk penggajian untuk mencerminkan berbagai jenis perubahan penggajian : mempekerjakan orang baru, pemberhentian, perubahan tingkat gaji, atau perubahan dalam pengurangan diskresi.”
Adalah pengertian dari?
a.      Perbarui tarif dan pemotongan pajak.
b.      Validasi data waktu dan kehadiran.
c.       Mempersiapkan penggajian.
d.      Jawaban a, b, c, dan d salah.
e.      Membayar gaji.
Diambil dari buku 2 hal 190

64.  Aktivitas kelima dalam siklus manajemen SDM adalah?
a.      Mempersiapkan penggajian.
b.      Validasi data waktu dan kehadiran.
c.       Perbarui tarif dan pemotongan pajak.
d.      Keluarkan pajak penghasilan dan potongan lain-lain.
e.      Membayar gaji.
Diambil dari buku 2 hal 190

65.  Isi dari laporan pengendalian posisi adalah?
a.      Daftar pegawai, dan keahlian mereka saat ini.
b.      Gaji yang dianggarkan.
c.       Kualifikasi pekerjaan.
d.      Status posisi (terisi atau kosong).
e.      Daftar setiap posisi yang diotorisasi.
Diambil dari buku 2 hal 197

66.  Ancaman apakah yang ada pada aktivitas pemrosesan penggajian dalam siklus penggajian/SDM?
a.      Pelanggaran hukum ketenagakerjaan.
b.      Kehilangan data tanpa otorisasi.
c.       Pencurian atau distribusi cek gaji tipuan.
d.      Kinerja yang kurang baik.
e.      Mempekerjakan pegawai yang kurang berpengalaman.
Diambil dari buku 2 hal 201


67.  Solusi apa yang digunakan untuk mengatasi ancaman mempekerjakan pegawai yang tidak berkualifikasi dalam proses pengontrakan tenaga kerja?
a.      Dokumentasi lengkap atas prosedur untuk mempekerjakan.
b.      Pelatihan perkembangan terkini dalam hal hukum ketenagakerjaan.
c.       Total batch dan pengendalian aplikasi lainnya.
d.      Prosedur pembuatan cadangan.
e.      Prosedur mempekerjakan yang baik, termasuk verifikasi keahlian pelamar kerja, referensi dan riwayat pekerjaan.
Diambil dari buku 2 hal 201

68.  Pengendalian yang berhubungan dengan pengeluaran kas dapat diterapkan ke penggajian, antara lain?
a.      Semua cek penggajian harus diurutkan dengan nomor tercetak dan secara periodik dihitung.
b.      Akses ke cek penggajian kosong dan mesin penandatanganan cek harus dibatasi
c.       Pemeriksaan silang atas daftar penggajian.
d.      Rekening kliring penggajian.
e.      Kasir harus menandatangani semua cek penggajian jika dilengkapi dengan dokumen yang tepat.
Diambil dari buku 2 hal 205

69.  Sistem penggajian harus didesain untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan data biaya dengan jenis informasi lainnya agar memungkinkan pihak manajemen membuat jenis keputusan?
a.      Kebutuhan pegawai di masa mendatang.
b.      Kinerja pegawai.
c.       Moral pegawai.
d.      Jawaban a, b, c, dan d benar.
e.      Efisiensi dan efektivitas pemrosesan penggajian.
Diambil dari buku 2 hal 207

70.  Dokumen manakah yang mencatumkan jumlah saat ini dan total hingga tanggal ini, dari gaji kotor, potongan, dan gaji bersih seorang pegawai?
a.      Daftar penggajian.
b.      Kartu waktu.
c.       Slip gaji.
d.      Cek gaji.
e.      Daftar potongan
Diambil dari buku 2 hal 194





71.  Apa yang bisa menyebabkan perubahan pada bagian penggajian?
a.      Potongan gaji dari berbagai unit pemerintah.
b.      Perubahan dalam tarif pajak.
c.       Mempekerjakan orang baru.
d.      Pemberhentian pegawai.
e.      Perubahan dalam pengurangan diskresi.
Diambil dari buku 2 hal 190

72.  Peluang untuk menggunakan teknologi informasi dapat mengurangi waktu dan potensi kesalahan yang berhubungan dengan?
a.      Pencatatan.
b.      Verifikasi.
c.       Memasukan data pegawai.
d.      Semua opsi benar.
e.      Mencatat kehadiran pegawai.
Diambil dari buku 2 hal 193

73.  Yang termasuk dalam potongan untuk pajak penghasilan adalah?
a.      Potongan sukarela.
b.      Potongan bulanan.
c.       Pajak bumi dan bangunan.
d.      Potongan bulanan.
e.      Pajak federal, pajak jaminan sosial.
Diambil dari buku 2 hal 194

74.  Apa saja isi dari laporan persediaan tenaga kerja?
a.      Gaji kotor hingga tahun ini secara komulatif.
b.      Daftar pegawai setiap departemen.
c.       Daftar pegawai dan keahlian saat ini.
d.      Laporan penghasilan yang dibayar ke kontraktor.
e.      Data mengenai ketaatan dengan berbagai peraturan.
Diambil dari buku 2 hal 197

75.  Laporan daftar pendapatan kumulatif bertujuan untuk?
a.      Digunakan untuk informasi bagi pegawai dan laporan penggajian tahunan.
b.      Digunakan untuk membuat laporan yang berkaitan dengan tenaga kerja bagi lembaga pemerintahan.
c.       Berguna untuk merencanakan kebutuhan tenaga kerja di masa mendatang.
d.      Untuk didokumentasikan dengan peraturan terkait.
e.      Dimasukkan ke dalam file per triwulan.
Diambil dari buku 2 hal 197


Bab 15 soal no 76 –90
76.  Salah satu fungsi utama buku besar adalah?
a.      Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran perusahaan.
b.      Mengimplementasikan model data di dalam setiap subsistem Sistem Informasi Akuntansi.
c.       Mencatat gaji pegawai.
d.      Memfasilitasi pemenuhan berbagai kebutuhan.
e.      Bagian anggaran memberi jumlah anggaran.
Dimabil dari buku 2 hal 230

77.  Aktivitas memperbarui buku besar adalah sebagai berikut, kecuali?
a.      Membuat daftar pengeluaran dan pemasukan.
b.      Bendahara dan membuat daftar biaya lengkap.
c.       Membuat daftar harga pokok produksi.
d.      Membuat ayat jurnal penyesuaian.
e.      Subsistem akuntansi dan bendahara.
Diambil dari buku 2 hal 232

78.  Pengertian dari neraca saldo adalah?
a.      Jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk mencerminkan berbagai kegiatan yang terjadi tetapi kas belum dikeluarkan.
b.      Jurnal yang dibuat untuk mencerminkan pertukaran kas sebelum kinerja kegiatan yang terkait.
c.       Laporan yang dibuat untuk mencantumkan saldo – saldo dari semua akun buku besar.
d.      Laporan yang dibuat untuk mencerminkan perbedaan nilai yang sesungguhnya dengan yang dicatat atas suatu aset.
e.      Laporan yang dibuat untuk mencerminkan meniadakan pengaruh kesalahan dalam buku besar.
Diambil dari buku 2 hal 235

79.  Yang merupakan aktivitas terkahir dalam aktivitas buku besar dan pelaporan adalah?
a.      Memperbarui buku besar.
b.      Membuat ayat jurnal penyesuaian.
c.       Membuat laporan manajerial.
d.      Memasukkan ayat jurnal penyesuaian.
e.      Membuat laporan keuangan.
Diambil dari buku 2 hal 232




80.  Yang termasuk dalam laporan pengendalian buku besar dibawah ini adalah?
a.      Hasil keuangan atas dasar tanggung jawab manajerial.
b.      Daftar saldo akun buku besar.
c.       Laporan verifikasi akurasi buku besar.
d.      Anggaran arus kas.
e.      Daftar voucher jurnal berdasarkan urutan nomor, nomor akun, tanggal.
Diambil dari buku 2 hal 236

81.  Solusi apakah yang bisa digunakan untuk mengatasi ancaman kehilangan data rahasia dalam proses akses ke buku besar?
a.      Pengendalian input dan pemrosesan.
b.      Prosedur pembuatan cadangan dan pemulihan dari bencana.
c.       Pemeriksaan validitas.
d.      Pengendalian akses; jejak audit.
e.      Verifikasi closed-loop
Diambil dari buku 2 hal 241

82.  Salah satu pengendalian dan pemrosesan yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa ayat jurnal lengkap dan akurat adalah?
a.      Pengendalian jejak audit.
b.      Prosedur pembuatan cadangan buku besar.
c.       Pengendalian input dan pemrosesan.
d.      Laporan rekonsiliasi .
e.      Verifikasi closed-loop.
Diambil dari buku 2 hal 242

83.  Pemeriksaan validitas berfungsi untuk memastikan apa dalam pengendalian edit input?
a.      Memastikan bahwa semua data terkait dimasukkan, terutama sumber ayat jurnal.
b.      Memastikan bahwa akun buku besar benar-benar ada untuk setiap nomor akun yang direferensikan dalam ayat jurnal.
c.       Memverifikasi akurasi pemrosesan batch voucher jurnal.
d.      Memverifikasi bahwa total debit sama dengan total kredit dalam sebuah ayat jurnal.
e.      Mencocokan nomor akun dengan deskripsi akun.
Diambil dari buku 2 hal 242

84.  Balanced scorecard adalah laporan yang memberikan prespektif multidimensi dan kinerja organisasi yang mencermikan empat prespektif organisasi, yaitu?
a.      Keuangan, pelanggan, operasi internal, dan inovasi serta pembelajaran.
b.      Pengendalian anggota, kerjasama, etos kerja organisasi, dan pengendalian kas.
c.       Kemajuan organisasi, waktu kerja organisai, operasi internal, dan keuangan.
d.      Keuangan, pengendalian anggota, inovasi serta pembelajaran, dan pengendalian kas.
e.      Pelanggan, waktu kerja, kemajuan organisasi, dan operasi internal.
Diambil dari buku 2 hal 250

85. 
































Skema diatas adalah contoh diagram untuk?
a.      Identifikasi data.
b.      Klasifikasi data.
c.       Identifikasi kerentanan.
d.      Gudang data.
e.      Penilaian data.
Diambil dari buku 2 hal 254

86.  Manakah berikut ini yang menunjukan hubungan tersembunyi antara berbagai bagian balanced scorecard?
a.      Pembelajaran dan inovasi               Internal               Pelanggan               Keuangan.
b.      Keuangan                Internal                Pembelajaran dan inovasi                Pelanggan
c.       Pelanggan                Keuangan               Internal               Pembelajaran dan inovasi
d.      Internal               Pelanggan                Pembelajaran dan inovasi                Keuangan
e.      Pembelajaran dan inovasi               Keuangan               Pelanggan                Internal
Diambil dari buku 2 hal 251

87.  Tugas apa yang yang difasilitasi oleh jejak audit?
a.      Menelusuri transaksi apa pun dari dokumen sumber aslinya hingga ke buku besar, dan ke laporan apa pun atau dokumen lainnya yang menggunakan data itu.
b.      Menelusuri kembali bagian apa pun yang muncul dalam sebuah laporan dari buku besar hingga ke dokumen sumber.
c.       Menelusuri semua perubahan dalam akun buku besar dari saldo awalnya hingga saldo akhirnya.
d.      Jawaban a, b, c, benar.
e.      Mencegah akses tanpa otoritas ke buku besar.
Diambil dari buku 2 hal 244

88.  Cara apa yang digunakan untuk melindungi buku besar dari ancaman – ancaman?
a.      Menyediakan prosedur pemulihan dari bencana yang memadai.
b.      Menyediakan cadangan buku besar.
c.       Menelusuri semua perubahan dalam buku besar.
d.      Menelusuri transaksi apapun hingga ke buku besar
e.      Membuat jejak audit.
Diambil dari buku 2 hal 245

89.  Apakah manfaat dari model data terintegrasi?
a.      Secara signifikan meningkatkan dukungan yang diberikan untuk pembuatan keputusan manajerial.
b.      Untuk berbagi data antarfungsi.
c.       Membatasi analisis lanjutan dari data biaya.
d.      Laporan yang memberikan prespektif multidimensi atas kinerja.
e.      Integrasi yang efektif dari data keuangan dan nonkeuangan.
Diambil dari buku 2 hal 248

90.  Dua teknik utama apa yang digunakan dalam intelijen bisnis?
a.      Identifikasi data dan klasifikasi data.
b.      Indentifikasi kerentanan dan indentifikasi pengendalian.
c.       Pemrosesan analitikal on-line dan penggalian data.
d.      Evaluasi dan penilaian data.
e.      Penggalian data dan klasifikasi data.
Diambil dari buku 2 hal 255
Bab 16 soal no 91 – 105
91.  Untuk alasan apa sebuah perusahaan mengubah sistem mereka?
a.      Meraih keuntungan yang besar.
b.      Menyaingi para pesaing.
c.       Perubahan yang terjadi di lingkungan perusahaan.
d.      Jawaban a, b, c, dan d benar.
e.      Keunggulan kompetitif.
Diambil dari buku 2 hal 267

92.  Proses pertama dalam siklus hidup pengembangan sistem (system development life cycle – SDLC) adalah?
a.      Desain konseptual.
b.      Operasional dan pemeliharaan.
c.       Implementasi dan perubahan.
d.      Analisis sistem.
e.      Desain fisik.
Diambil dari buku 2 hal 269

93.  Apa yang dilakukan analis sistem dalam SDLC?
a.      Merencanakan pengembangan sistem.
b.      Menulis program komputer dengan menggunakan spesifikasi yang sudah dispesifikasi.
c.       Mengubah serta memelihara program komputer yang sudah ada.
d.      Mempelajari sistem yang ada, mendesain yang baru, dan membuat spesifikasi yang digunakan oleh programer komputer.
e.      Membimbing pengembangan sistem.
Diambil dari buku 2 hal 272

94.  Alasan apa yang mebuat harus adanya perencanaan pengembangan sistem?
a.      Konsistensi.
b.      Efisiensi.
c.       Kemampuan adaptasi.
d.      Jawaban a, b, c, dan d benar.
e.      Pengurangan biaya.
Diambil dari buku 2 hal 273

95.  Disebut sebagai apakah kerangka dasar perencanaan sistem informasi?
a.      Rencana utama.
b.      Renacan manajerial.
c.       Rencana pegawai.
d.      Rencana pengembangan proyek.
e.      Rencana supervisior.
Diambil dari buku 2 hal 274

96.  Apa yang dimaksud dengan rencana utama?
a.      Rencana implementasi dan perubahan dikembangkan serta diikuti dengan teliti.
b.      Memutuskan bagaimana memenuhi kebutuhan para pemakai sistem.
c.       Rencana peninjauan sistem selama masa hidupnya secara periodik.
d.      Dokumen jangka panjang yang menyebutkan sistem tersebut akan terdiri dari apa saja, bagaimana sistem tersebut akan dikembangkan.
e.      Mendesain program komputer dengan menggunakan spesifikasi yang sudah dikembangkan,
Diambil dari buku 2 hal 274

97.  Aspek yang harus dipertimbangkan selama studi kelayakan adalah sebagai berikut, kecuali?
a.      Kelayakan kualitas.
b.      Kelayakan legal.
c.       Kelayakan operasional.
d.      Kelayakan ekonomis.
e.      Kelayakan teknis.
Diambil dari buku 2 hal 278

98.  Mengevaluasi manfaat ekonomis dari setiap alternatif adalah kegunaan dari teknik?
a.      Kelayakan teknis.
b.      Penganggaran modal.
c.       Kelayakan operasional.
d.      Kelayakan legal.
e.      Kelayakan ekonomis.
Diambil dari buku 2 hal 280

99.  Faktor apa saja yang mempengaruhi munculnya masalah perilaku?
a.      Ketidakinginan.
b.      Dukungan dari manajemen puncak.
c.       Ketakutan.
d.      Agresi.
e.      Penghindaran.
Diambil dari buku 2 hal 281

100.        Bagaimanakah cara orang menolak perubahan Sistem Informasi Akuntansi?
a.      Sifat merusak proses perubahan.
b.      Pengalaman dengan perubahan sebelumnya.
c.       Agresi.
d.      Komunikasi.
e.      Menghindari perubahan itu sendiri.
Diambil dari buku 2 hal 283



101.        Bagaimanakah mengatasi reaksi orang terhadap perubahan SIA?
a.      Penuhi kebutuhan pamakai.
b.      Pengurangan rasa takut.
c.       Beri tanggapan yang jujur.
d.      Semua opsi jawaban benar.
e.      Pastikan bahwa pemakai memahami sistem.
Dimabil dari buku 2 hal 284

102.        Apakah tujuan dari langkah studi kelayakan dalam pengembangan sistem?
a.      Kembangkan analisis kelayakan yang lebih menyeluruh, terutama ang berkaitan dengan biaya dan manfaat ekonomis.
b.      Pelajari sistem yang ada saat ini untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang bagaimana sistem tersebut bekerja.
c.       Identifikasi kebutuhan informasi para pemakai.
d.      Tetapkan tujuan dan persyaratan sistem baru tersebut.
e.      Beri pihak manajemen temuan – temuan dari tahap analisis tersebut.
Diambil dari buku 2 hal 286

103.        Apakah tujuan dari sebuah survei sistem?
a.      Mendapatkan pemahaman menyeluruh atas operasi, kebijakan, dan prosedur.
b.      Mengembangkan hubungan kerja dengan para pemakai dan membangun dukungan untuk Sistem Informasi Akuntansi.
c.       Membuat penilaian awal atas kebutuhan pemrosesan saat ini dan di masa mendatang.
d.      Mengumpulkan data yang dapat mengidentifikasi kebutuhan pemakai.
e.      Membuat rekomendasi ke pihak manajemen.
Diambil dari buku 2 hal 288

104.        Kelebihan apakah yang dimiliki oleh metode pengumpulan data wawancara?
a.      Dapat memverifikasi bagaiman sistem benar – benar bekerja.
b.      Membangun penerimaan dan dukungan atas sistem yang baru.
c.       Menjelaskan bagaimana sistem seharusnya bekerja.
d.      Memungkinkan lebih banyak waktu untuk memikirkan berbagai respon.
e.      Memakan waktu.
Diambil dari buku 2 hal 290

105.        Kemungkinan yang ada pada persyaratan sistem bagian struktur data adalah?
a.      Pengendalian untuk memastikan akurasi dan keandalan input, output, dan pemrosesan.
b.      Deskripsi tentang elemen data yang dibutuhkan, termasuk nama, ukuran, format, sumber, dan tingkat kepentingan mereka.
c.       Deskripsi berbagai halangan, seperti tenggat waktu, jadwal, persyaratan keamanan.
d.      Struktur data awal, yang menunjukan bagaimana elemen – elemen data akan diatur dalam catatan logis.
e.      Pengaturan ulang organisasi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai. (diambil dari buku 2 hal 292)
Bab 17 soal no 106 – 120
106.        Kesulitan apakah yang dialami para akuntan dalam mengembangkan Sistem Informasi Akuntansi?
a.      Perubahan atas SIA sering kali sulit untuk dibuat setelah persyaratan telah ditetapkan menjadi spesifikasi.
b.      Permintaan atas sumber daya pengembangan begitu banyak hingga proyek SIA dapat terlambat hingga beberapa tahun.
c.       Para pemakai tidak dapat menspesifikasikan kebutuhan mereka dengan tepat.
d.      SIA yang baru didesain tidak selalu dapat memenuhi kebutuhan para pemakainya.
e.      Proses pengembangan dapat memakan waktu yang begitu lama.
Diambil dari buku 2 hal 322

107.         Proses SDLC yang harus di ikuti oleh perusahaan yang membeli, bukan yang mengembangkan software SIA adalah?
a.      Implementasi dan perubahan.
b.      Desain fisik.
c.       Operasi dan pemeliharaan.
d.      Analisis sistem.
e.      Desain konseptual sistem.
Diambil dari buku 2 hal 324

108.        Pendekatan formal untuk mendapatkan sistem, seperti RFP, adalah hal penting untuk alasan?
a.      Menghemat waktu.
b.      Menyederhanakan proses pengambilan keputusan.
c.       Mengurangi kesalahan.
d.      Jawaban a, b, c, dan d benar.
e.      Menghindarkan dari potensi ketidaksesuaian.
Diambil dari buku 2 hal 325

109.        Salah satu cara untuk membandingkan kinerja sistem adalah dengan menggunakan?
a.      Perhitungan biaya persyaratan.
b.      Pengembangan sistem.
c.       Evaluasi pegawai.
d.      Benchmark problem.
e.      Pemilihan vendor.
Diambil dari buku 2 hal 326






110.        Apa yang dimaksud dengan end-user computing atau EUC?
a.      Pengembangan, penggunaan, dan pengendalian aktif atas sistem informasi berbasis komputer oleh para pemakai.
b.      Orang yang menggunakan Teknologi Informasi untuk memenuhi kebutuhan informasinya sendiri.
c.       Komputerisasi oleh pengguna yang terakhir.
d.      Orang yang menggunakan Teknologi Informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi untuk orang banyak.
e.      Pengmbangan yang dilakukan oleh para pemakai teknologi informasi.
Diambil dari buku 2 hal 331

111.        Contoh perkembangan oleh pemakai akhir yang tepat, kecuali?
a.      Menarik informasi dari database perusahaan untuk menghasilkan laporan sederhana.
b.      Mengembangkan aplikasi dengan menggunakan software yang telah jadi.
c.       Mempersiapkan jadwal dan daftar.
d.      Membebaskan sumber daya sistem.
e.      Untuk menjawab permintaan yang tidak rutin.
Diambil dari buku 2 hal 332

112.        Dibawah ini yang merupakan risiko end-user computing adalah?
a.      Tidak bisa mengembangkan sistem.
b.      Sistem yang tidak efisien.
c.       Menggunakan informasi yang tidak akurat.
d.      Sistem yang tidak sesuai.
e.      Penggunaan rumus yang salah.
Diambil dari buku 2 hal 334

113.        Apa yang termasuk kewajiban dari help desk?
a.      Melakukan outsource.
b.      Menduplikasi sistem dan data.
c.       Melakukan pengujian aplikasi.
d.      Melakukan kreasi, pengendalian, dan implementasi.
e.      Melatih para pemakai akhir tentang bagaimana menggunakan hardware atau software tertentu.
Diambil dari buku 2 hal 337

114.        Maksud dari melakukan outsource adalah untuk?
a.      Memberikan layanan 24 jam untuk membantu mengatasi masalah.
b.      Mengevaluasi produk hardware dan produk software pemakai akhir yang baru.
c.       Mengotrak perusahaan luar untuk menangani semua bagian dari aktivitas pemrosesan organisasi.
d.      Mengendalikan data perusahaan.
e.      Mendokumentasikan dan menguji aplikasi.
Diambil dari buku 2 hal 337
115.        Dibawah ini adalah keuntungan outsourcing, kecuali?
a.      Memfasilitasi pengecilan ukuran perusahaan.
b.      Membantu meniadakan puncak kepadatan dan kejarangan penggunaan sistem.
c.       Merupakan solusi untuk bisnis dan juga sistem informasi.
d.      Memberikan akses ke keahlian yang lebih besar.
e.      Merupakan hal yang mahal dan susah untuk membalik keputusan outsourcing.
Diambil dari buku 2 hal 339

116.        Bagaimana sebuah perusahaan meminimalkan biaya dan memaksimalkan manfaat?
a.      Pengendalian yang memastikan keandalan dan integritas sistem.
b.      Memberdayakan para pekerja, menggunakan pengendalian internal, dan membuat struktur menjadi lebih datar.
c.       Pelatihan kembali.
d.      Menetukan kebutuhan dasar.
e.      Membantu pemakai mengidentifikasi kebutuhan.
Diambil dari buku 2 hal 344

117.        Hambatan yang dihadapi oleh perusahaan dalam usaha rekayasa ulang yaitu?
a.      Tradisi, proses berulang, dan pelatihan kembali.
b.      Skeptisme, dan kurangnya dukungan masyarakat.
c.       Persyaratan waktu, dan perkembangan yang lambat.
d.      Sistem yang tidak mendukung, dan skeptisme.
e.      Tradisi, penolakan, dan biaya.
Diambil dari buku 2 hal 348

118.        Apakah langkah pertama yang dilakukan oleh analis dalam mengembangkan prototipe?
a.      Menentukan kebutuhan dasar.
b.      Mengembangkan prototipe awal.
c.       Mencoba prototipe dan putuskan apakah prototipe memenuhi kebutuhan.
d.      Membantu pemakai mengidentifikasi kebutuhan dan mengembangkan perkiraan biaya.
e.      Mengubah prototipe agar dapat memasukkan permintaan tambahan.
Diambil dari buku 2 hal 351

119.        Kondisi dibawah ini yang mendukung penggunaan prototipe adalah?
a.      Membutuhkan banyak waktu pemakai.
b.      Tugas yang dilakukan tidak terstruktur dan semi terstruktur.
c.       Mengakibatkan sejumlah reaksi keperilakuan yang negatif.
d.      Tidak mengarah pada analisis kebutuhan yang menyeluruh dan komperhensif
e.      Pengembang dapat menyimpangkan proses pengujian dan dokumentasi.
Diambil dari buku 2 hal 354




120.        Keuntungan dari teknologi computer-aided softeware engineering (CASE) adalah?
a.      Pengembangan sistem yang lengkap.
b.      Sistem didokumentasi dan diuji secara layak dan memadai.
c.       Perbaikan kualitas program.
d.      Perkembangan yang tanpa akhir.
e.      Lebih sedikit kesalahan.
Diambil dari buku 2 hal 358

Bab 18 soal no 121 – 135
121.        Dalam tahap apa pengembang membuat sebuah kerangka kerja umum untuk mengimplementasikan kebutuhan pemakai dan mengatasi masalah yang diidentifikasi dalam tahap analis?
a.      Desain fisik sistem.
b.      Desain file dan database.
c.       Desain formulir.
d.      Desain program.
e.      Desain konseptual sistem.
Diambil dari buku 2 hal 383

122.        Apa saja yang menjadi pertimbangan desain?
a.      Pengaturan dan akses.
b.      Deteksi kesalahan dan perbaikan.
c.       Penjadwalan output.
d.      Ketepatan waktu.
e.      Tingkat aktivitas.
Diambil dari buku 2 hal 385

123.        Langkah pertama dalam desain fisik sistem adalah?
a.      Desain input.
b.      Desain output.
c.       Desain file dan database.
d.      Desain prosedur.
e.      Desain pengendalian.
Diambil dari buku 2 hal 387

124.        Apa saja yang ada dalam pertimbangan desain output?
a.      Media, pemeliharaan, dan ukuran.
b.      Media format, dan lokasi.
c.       Media, sumber, dan format.
d.      Frekuensi biaya, deteksi kesalahan, dan tingkat aktivitas.
e.      Penggunaan, ukuran, dan jenis.
Diambil dari buku 2 hal 389
125.        Yang termasuk bagian dari tahap operasi dan pemeliharaan adalah?
a.      Melakukan pemeriksaan, dan menguji program.
b.      Menguji program, dan melakukan analisis numerik.
c.       Melatih para pemakai awam, dan melakukan dokumentasi lengkap.
d.      Mempersiapkan lokasi, dan melatih para personel.
e.      Mengembangkan rencana, dan menulis perintah program.
Diambil dari buku 2 hal 391

126.        Apakah langkah keempat dalam mendesain program?
a.      Tetapkan kebutuhan pemakai.
b.      Mengembangkan rencana.
c.       Menguji program.
d.      Menulis perintah program.
e.      Latih para pemakai program.
Diambil dari buku 2 hal 391

127.        Desain pengendalian memiliki beberapa pertimbangan, kecuali?
a.      Validitas.
b.      Otorisasi.
c.       Jenis pemrosesan.
d.      Akurasi.
e.      Jejak audit.
Diambil dari buku 2 hal 395

128.        Dokumentasi yang harus dibuat untuk sistem yang baru adalah?
a.      Dokumentasi buku besar.
b.      Dokumentasi software.
c.       Dokumentasi program.
d.      Dokumentasi pemakai.
e.      Dokumentasi SIA.
Diambil dari buku 2 hal 399

129.        ”Dokumentasi pengembangan, dokumentasi operasi, dan dokumentasi pemakai” merupakan dokumen yang harus dibuat untuk?
a.      Sistem yang baru diterapkan.
b.      Sistem operasional perusahaan.
c.       Sistem pengembangan.
d.      Sistem dokumentasi perusahaan.
e.      Sistem pengembangan program baru.
Diambil dari buku 2 hal 399





130.        Faktor apa saja yang perlu diselidiki selama peninjauan pascaimplementasi?
a.      Kepuasan.
b.      Maksud dan tujuan.
c.       Keuntungan.
d.      Kesalahan.
e.      Semua jawaban benar.
Diambil dari buku 2 hal 403

131.        Langkah pertama dalam proses konversi data adalah?
a.      Memeriksa kelengkapan data.
b.      Memeriksa akurat atau tidaknya data.
c.       Menguji keakuratan dari data.
d.      Mendokumentasikan akivitas konversi.
e.      Memutuskan file mana yang akan dikonversi.
Diambil dari buku 2 hal 403

132.        Bentuk umum dari pengujian adalah?
a.      Peninjauan langsung.
b.      Pemrosesan transaksi uji.
c.       Ujian penerimaan.
d.      a, b, dan c.
e.      a, dan b.
Diambil dari buku 2 hal 400

133.        Apakah yang dimaksud dengan peninjauan langsung?
a.      Menetapkan apakah program beroperasi seperti yang diharapkan.
b.      Menggunakan beberapa salinan dari transaksi dan catatan file yang sesungguhnya.
c.       Menjalakan sistem yang lama dan baru secara simultan selama periode waktu tertentu.
d.      Tinjauan per tahap atas logika prosedur atau program.
e.      Secara bertahap mengganti elemen SIA yang lama dengan yang baru.
Diambil dari buku 2 hal 400

134.        Elemen apa saja yang harus dikonversi dari SIA yang lama menjadi SIA yang baru?
a.      File data, dan prosedur.
b.      Program yang sudah ada.
c.       Catatan pegawai.
d.      Dokumentasi yang sudah ada.
e.      Jawaban a, b, c, dan d salah.
Diambil dari buku 2 hal 401



135.        File data mungkin perlu dimodifikasi dalam tiga cara, yaitu?
a.      Memutuskan file mana yang akan dikonversi, memeriksa kelengkapan data, dan konversi data aktual.
b.      Menghentikan SIA yang lama ketika SIA yang baru diperkenalkan, menjalankan sistem yang lama dan yang baru secara simultan, dan secara bertahap mengganti elemen SIA yang lama dengan yang baru.
c.       Mengimplementasikan suatu sistem hanya pada satu bagian organisasi, memberi petunjuk pada aktivitas desain sistem, dan membantu komite pelaksana menilai kelayakan sistem.
d.      Mengumpulkan data input, data yang dimasukkan tidak akurat, dan data yang dimasukan sudah ada sebelumnya.
e.      File dipindahkan ketempat berbeda, isi data dapat diubah, dan format database dapat diubah.
Diambil dari buku 2 hal 403.

Comments