Pantai Cikakak Pelabuhan Ratu

Hai,

Kali ini gue mau cerita tentang pengalaman yang mungkin gak banyak orang tau, yaitu ke Pantai Cikakak. Familiar dengan Pantai Pelabuhan Ratu? Benar. Pantai Cikakak dekat dengan Pantai Pelabuhan Ratu yang jaraknya lumayan pegal jika jalan kaki. Tapi tenang aja, disini ada angkutan umum warna biru disepanjang perjalanan pantai yang akan berhenti di Terminal Pelabuhan Ratu. Harga setiap naik angkutan umum adalah Rp.5.000/per-orang -wow murah banget. Ok gue lanjutin cerita ini dari awal yaa..

Perjalanan rute dari Jakarta ke Pantai Cikakak

Disclaimer tentang gue:

1. Gue tipe orang yang gak suka jalan kepagian.
  2. Kalau ada transportasi umum, gue lebih suka yang gak banyak transitnya.
  3. Gue lebih suka bawa makanan dari rumah untuk diperjalanan dan buat sesudah sampai ditempat.
  4. Gue suka bawa banyak plastik dan mineral botol tapi biasanya gue minum sedikit kecuali di kereta ada kamar mandinya yihiiyy.
  5. Jadi kita bawa koper untuk 1 malam saja. HAHA.
Setelah menulis cerita tentang bulan Juli gue yang penuh kerepotan dan banyak drama yang gak penting. Banyak energi busuk yang harus gue keluarkan dari tubuh gue. Gue udah nyoba banyak hal barangkali gue gak butuh jalan jauh. Ternyata tetep gak bisa. Gue kecapean, suntuk, dan ngerasa banyak yang berantakan dirumah maupun dikantor. Akhirnya gue paksain untuk jalan ke luar kota yang masih bisa kejangkau dari Jakarta. Berkat bantuan dari Traveloka, akhirnya gue pesan tiket kereta api dan penginapan melalaui dari Aplikasi. Iya hidup yang sekarang udah semudah itu, tinggal bayar aja udah. Urutan aktivitas yang kita lakukan di tanggal 06 Agustus 2022 di Pantai Cikakak, Pelabuhan Ratu :
  1. Jam 12:00 Azan Zuhur. Diusahakan untuk melakukan sholat jamak taqdim.
  2. Jam 12:30 Kita sudah sampai di Stasiun Tebet lalu top-up untuk 2 tiket PP Rp.20.000,-.
  3. Jam 13:30 Kita sudah sampai di Stasiun Bogor dan kita melakukan transit kereta KAI.
  4. Jam 13:50 Kita sudah didalam Kereta Api Pangrango tepatnya di Stasiun Bogor menuju Stasiun Cibadak dengan harga 2 tiket PP Rp.120.000,-.
  5. Jam 14:20 Kereta jalan menuju Stasiun Cibadak dan kita sampai pada jam 15:54 WIB.
  6. Jam 16:30 Bus yang kita naiki, jalan menuju terminal Pelabuhan Ratu dari depan stasiun Cibadak dengan harga 2 tiket Rp.60.000,-.
  7. Jam 18:40 Kita sampai di terminal Pelabuhan Ratu dan lanjut ke penginapan dengan naik 2 gojek dengan total harga Rp.38.000,-.
  8. Jam 19:00 kita baru bisa check-in penginapan dan lanjut berberes sambil nungguin makanan yang kita pesan dengan GrabFood. Total makanan yang kita pesan berdua adalah Rp.50.000,-.
  9. Bagi yang muslim diusahakan untuk melakukan sholat jamak takhir.
  10. Karena gue mesen lauk dan sayur di warteg deket rumah sebelum berangkat jadi lauk yang kita bawa lumayan bayak dengan harga Rp.30.000,-.
  11. Selesai beres-beres dan makan malam. Kita lanjut pergi malam mingguan sekitar jam 9 malam dikafe yang letaknya dipinggir pantai dan juga ada kolam renangnya. Kita menghabiskan sekitar Rp.35.000,-. untuk kopi dan air mineral.
  12. Jam 10 malam kita balik ke penginapan dan membiarkan jendela terbuka lebar melihat gemuruh ombak dimalam hari dan kita mulai tidur di jam 11 malam.
Kurang lebih total biaya yang dikeluarkan adalah Rp.353.000,-. Berikut urutan aktivitas yang kita lakukan di tanggal 07 Agustus 2022 di Pantai Cikakak, Pelabuhan Ratu :
  1. Jam 06:10 kita keluar dari kamar menuju pinggiran pantai yang banyak bebatuan sembari menikmati pemandangan yang ada.
  2. Jam 07:00 kita makan pagi dan kebetulan sekali ada ibu-ibu penjual nasi kuning yang nyamperin kita. Harga Rp.12.000,- perbungkus itu udah ngebantuin kita banget karena nasi sisa semalem juga masih banyak tapi kita butuh asupan lebih banyak untuk sampai siang nanti.
  3. Jam 08:00 sebelum pulang kita melakukan begituan dan setelahnya kita mandi.
  4. Jam 08:35 kita check-out dan kita beruntung lagi dan lagi karena kita pulang naik angkot biru dan itu rekomendasi dari penginapannya untuk naik angkutan umum. Jadi kita cuma bayar Rp.10.000,-.
  5. Jam 09:00 kita sampai di terminal Pelabuhan Ratu. Kita naik Bus menuju Stasiun Cibadak dengan harga tiket Rp.100.000,-
  6. Jam 11:45 kita sudah sampai di Stasiun Cibadak dan kereta berangkat menuju ke Stasiun Bogor tepat pada jam 12:00.
  7. Jam 13:30 kita sudah sampai di Stasiun Bogor. Kita keluar dari Stasiun Bogor untuk makan siang seharga Rp.23.000,-
  8. Setelah makan siang kita lanjut menuju Stasiun Tebet untuk mengakhiri perjalanan kita.
  9. Angkutan umum PP dari rumah ke stasiun adalah Rp.13.000,-
  10. Hampir kelupaan Rp.20.000,-. untuk 2 cup pop mie yang dibeli didalam kereta dan Rp.343.000 untuk penginapan.
Kurang lebih total biaya yang dikeluarkan adalah Rp.874.000,-
Rp.353.000,-. untuk tanggal 06 Agustus.
Rp.521.000,-. untuk tanggal 07 Agustus.

Kalau boleh gue rangkum plus dan minusnya perjalanan kita kali ini adalah :
  • Perjalanan 7 jam dengan transportasi umum lumayan lelah ini terbayarkan oleh pemandangan dengan naik KAI Pangrango yang fasilitas udah ok untuk sebuah transportasi. Jadi gue tidur di bus karena sumpah mual banget dan lumayan hemat energi juga.
  • FYI, untuk menuju Pelabuhan Ratu jalanannya berliku-liku dan dapat menyebabkan pusing, mual hingga muntah. Bisa banget sediain obat yang namanya antimo ketika naik bus.
  • Jadwal keberangkatan KAI Pangrango Bogor-Sukabumi termasuk sedikit. Tolong dong pihak KAI ditambahin lagi untuk di jam 9 atau 10 pagi kek gitu. Karena itu sangat membantu banget buat orang yang kaya gue, gak suka jalan kepagian.
  • Perjalanan 1 malam ini juga udah terbayarkan dengan nuansa penginapan dan waktu santai dipinggiran pantai ini.
  • Saran buat penginapannya adalah murahin harga air mineral karena itu bagian kebutuhan dasar buat manusia. Gue sangat menyesal gak beli minuman botol di terminal yang banyak, hiks.
  • Bus yang kita naiki pulang-pergi, abang keneknya gak ada yang ramah dan satu bus yang kita naiki untuk pulang (lupa namanya apa) dia kasih harga AJIMUMPUNG ke kita. Paling aman udah naik bus dari MGI aja warna biru.
  • Rekomendasi banget buat kalian yang jalannya lebih dari 4 orang. Bakal lebih hemat aja untuk transportasinya dan jadi ada yang saling ingetin kalau butuh apa-apa.
  • Gue bakal balik lagi kesini jika udah punya mobil pribadi katanya sih hanya butuh waktu 5 jam sudah sampai ke penginapan. Gue jadi pengen sekalian jalan ke pantai lainnya didaerah ini. Seru banget parah wilayah Pelabuhan Ratu ini, sangat worth it untuk dicoba. Tentu dengan waktu yang panjang juga sekitar 1 minggu misalnya.
Asiikk terima kasih udah mau baca sampai sini, semoga bertemu lagi di postingan lainnya dan semoga banyak manfaatnya tulisan ini. Salam.