Tips Investor Pemula yang Mau Kaya!

Tidak hanya bicara tentang mindset, habit, maupun uang. Banyak sekali yang menginginkan 'uang banyak dengan cepat' melalui investasi. Nyatanya sejak gue berkenalan dengan dunia saham melalui banyak referensi yang gue baca, tidak menutup kemungkinan jika gue masih kekurangan bacaan. Disinilah seninya membaca.

"Kok gue malah kejebak dan rugi." setelah ini akan muncul sebuah emosi yang lebih dalam seperti kecanduan untuk mengembalikan uang yang telah hilang dengan melakukan trading secara brutal. Jelas ini tidak sehat apalagi jika diteruskan mindset tentang pemahaman berinvestasi saham pun bisa ikutan rusak. 

"Aduh gue udh banyak baca ini itu tapi gue gak berani investasi karena takut rugi" well, tidak ada yang menjamin juga jika banyak referensi bacaan bisa meminimalisir kerugian. Nyatanya lo akan semakin paham dengan learning by doing. Dengan kerugian yang bakal lo alamin itu juga gak akan membuat lo membabi buta dan berbelok keyakinan menjadi seorang trader. Basicnya karena lo udh banyak sumber bacaan menjadi investor dan bacaan itu yang akan menolong lo secara mindset.

"Aduh gue tuh gak ngerti mau belajarnya dari mana ka" untuk memulai belajar investasi saham, gue akan merekomendasikan lo untuk membaca sebuah buku yang gue 'habiskan' dalam 3 hari penuh. Buku ini akan banyak membantu lo jika lo memang benar-benar tidak pernah diajarkan pendidikan keuangan dari lingkungan sekolah, keluarga, teman, atau lainnya. Lo bisa beli buku ini di tokopedia atau di shopee lo bisa langsung klik nama marketplacenya buat beli.

"Gue udah baca bukunya terus ngapain lagi?" Ok selanjutnya lo harus tentukan lo masuk ke kategori profile resiko yang mana lo bisa klik sumbernya disini Tujuan lo harus mengenali profile resiko adalah supaya lo paham lo harus nabung seberapa banyak dengan resiko yang mampu lo terima jika terjadi kedepannya. Sekali lagi, dunia saham itu tentang sebuah angka dan perkembangan market yang luas.

"Trus kapan ka gue udah bisa mulai investasinya?" Nah selanjutnya adalah set tujuan investasi. Coba lo list maksimal 3 hal yang penting yang mau lo tabung dan lo juga harus tentuin jangka waktu dari masing-masingnya mau lo tabung dalam berapa tahun. Apakah 5 ? 7 ? atau 10 tahun? bebas.

Sebelum gue dapet pertanyaan lagi, gue mau kasih simulasinya yaa..

  1. Lo udah baca buku yang gue referensikan
  2. Lo udah tentuin profile resiko
  3. Lo juga udah tentuin tujuan investasinya

Ini pengalaman gue dulu yaaa..

Setelah gue baca buku dan rapiikan nomor 2 dan 3 gue masih juga beli dan baca buku pendukung lainnya tentang uang, bisnis, ekonomi makro, dan investasi saham. Profile resiko gue yang tadinya Konservatif sekarang menjadi Agresif. Perubahan profile resiko ini bisa sangat dinamis ya teman-teman tidak melulu lo harus menjadi konservatif dan selamanya menjadi konservatif. Untuk poin nomor 3 ini lo akan menemukan sense menjadi seorang investor pemula. Misal lo nabung di saham untuk membeli rumah atau mobil maka lo akan menetapkan selama berapa tahun lo akan menabung dan uang yang akan lo tabung harus seberapa banyak. Jadi nomor 2 dan 3 ini saling berkaitan ya teman-teman.

"Kan Saham itu fluktuatif bagaimana cara tau kapan waktu nabung yang tepat?" Sebelum masuk kesini lo harus kenal dengan yang namanya laporan keuangan perusahaan. Lo bisa pelajari dan baca dengan cepat bagian apa aja yang harus diperhatikan untuk mengetahui laporan keuangan perusahaan yang sehat itu seperti apa. Jangan sampai lo investasi di perusahaan yang laporan keuangan perusahaannya buruk yaa atau mau pailit.

"Waahh ternyata banyak yang harus dipersiapkan dan rumit juga ternyata" Ya tapi gak gitu juga mikirnya. Investasi menurut gue itu menjadikan menabung sebuah habit yang baik dan benar untuk menghasilkan kembali uang yang ditabung. Dengan lo mulai berinvestasi lo akan mengalami banyak perubahan dalam hidup lo. Maka lakukan investasi itu dengan baik dan benar ya teman-teman. Terlepas dari kematian, kita hidup masih lama dan masih butuh untuk berkembang. Investasi membantu lo berkembang menjadi lebih baik.

Bagi yang pernah rugi dalam Investasi Saham coba mulai lagi untuk belajar dari awal lagi dengan baik dan benar. Lo akan menemukan jalannya sendiri menjadi Investor dengan perasaan tenang ketika lo terbiasa untuk berinvestasi. Jangan pernah takut rugi ya teman-teman karena apa yang gue tulis ini berdasarkan apa yang udah gue alami. Dalam tahun pertama, gue berhasil mengumpulkan uang 20jt dengan deviden 2,6jt. Capital gain dan deviden gue akan terus bertambah banyak selama perusahaannya yang gue investasikan ini tetap beroperasional dengan baik.

Begitu teman-teman tips dari gue yang mengalami kerugian sekitar 342ribu dan modal buku yang gue beli. Namun saham sudah balikin kerugian dan modal gue lebih dari yang gue keluarkan. Mari mulailah investasi sedini mungkin untuk mencapai tujuan finansial yang diinginkan. Nah sekarang giliran lo untuk ceritain pengalaman lo berinvestasi dikolom komentar dan akan gue jawab jika ada yang bertanya. Tapi jika lo mau tanya di Instagram bisa follow ig gue @ekasario sekali lagi, terima kasih untuk waktunya. See u!

Comments