Kumpulan Contoh SOAL Data Warehouse dan Jawaban LENGKAP


1.        Perbedaan antara tahapan Ad Hoc Reports dan Special Extract Program dalam Penyediakan strategi informasi untuk analisa bisnis:
Adhocreports merupakan tahapan paling awal dalam sejarah DSS. Usery ang membutuhkan suatu laporan akan mengirimkan permintaan ke departemen InformationTechnology(IT)
SpecialExtractPrograms Tahapanini merupakan usaha departemenIT untuk mengantisipasi jenis laporan yang diperkirakanakan diminta secara berkala.

2.        Definisi DW menurut bill inmon:
DataWarehouse adalah koleksi data yang bersifat subjectoriented, integrated, non-volatile dan timevariant yang mendukung pengambilan keputusan.
3.        4 karakteristik DW:  subjectoriented, integrated, non-volatile dan timevariant
4.        3 sumber data untuk DW: Data; eksternal, internal, personal.
5.        Komponen data menurut Turban: DataSources, DataExtraction, DataLoading, Metadata, Middleware.

6.        4 arsitektur DW menurut POE:
operational data, load manager, warehouse manager, query manager, end user access tools
Variabel yg tdk dpt di ukur, intervening/pengganggu.

x
x


7.        Mengapa sistem DW harus di pisah?
MenurutCarloVercelis,terdapat beberapa alasan yaitu; integration, quality, Effeciency, Extendability.
Untuk mendapatkan proses dengan High Performance dalam melakukan analisa.

8.        Data operasional vs data warehouse:
ISI DATA: DSS, RINGKASAN. OS, NILAI TERKINI
STRUKTUR DATA DSS, OPTIMAL UNTUK QUERY YANG KOMPLEKS. OS, OPTIMAL UNTUK TRANSAKSI
FREKUENSI AKSES: DSS, SEDANG KE RENDAH. OS, TINGGI
TIPE AKSES: DSS, READ. OS, READ UPDATE DELETE
KEGUNAAN: DSS, AD HOC RANDOM HEURISTIK. OS, LOOPING
RESPONSE TIME: DSS, DETIK KE MENIT. OS, SATU DETIK/BEBERAPA DETIK
PENGGUNA: DSS, RELATIF SEDIKIT. OS, BERJUMLAH BANYAK
Essai.
Jenis penelitian menurut pendekatan:
Survei, evaluasi, sejarah, experimen, naturalistik, exPostFacto.
Jenis kebenaran non ilmiah:
Kebetulan, kewibawaan, akal sehat, wahyu, intuitif, spekulasi.
Variabel penelitian adalah: setiap hal dlm suatu penelitian yang data
nya ingin diperoleh.
Jenis variabel: tergantung, bebas, penengah, antara.

PG.
Metodologi penelitian adalah cabang ilmu yg membahas tentang metode yg digunakan dlm kegiatan penelitian.

Seorang meneliti ikan, hipotesis.
Skala jenis klamin, nominal.
Alat pengumpulan data, kuisioner.
Pemberi dana komponen yg di perhatikan, rumusan masalah.
Fungsi proposal pemberi dana, komunikator.
Terbuka, Tertutup,
Dipilih dri sumber relevan,
Skunder/primer.
Alat pengumpul informasi di jawab responden, contoh.
Kuantitatif bisa dihitung, daun.

1.        Manfaat penggunaan BI pada sebuah organisasi adalah mengolah data menjadi informasi kemudian diolah dan menjadi suatu pengetahuan yang membantu sebuah organisasi menjadi lebih baik, efektif, dan pasti.
2.        Benefit dari penggunaan BI dalam sebuah organisasi; time saving, single version of truth, improved strategres & plans, improved tactical decissions, more efficient process, cost saving, faster in reporting, improved making decission.
3.        Major Issue dalam proses implementasi BI adalah kendala atau penyebab dari proses yang sedang dilakukan untuk memperbaiki kualitas suatu corporate itu sendiri. Contoh, seperti kebudayaan sebuah organisasi yang sudah melekat di setiap individu dan menjadi sebuah kebiasaan yang sulit diubah.
4.        Perbedaan Database dengan Data Warehouse adalah Jika salah satu dari (Subject Oriented, Integrated, Time Variant, & Non-Volatile) tidak ada pada DataWarehouse maka itu bukan Data Warehouse.
5.        Konsep dan penting nya BI dalam tercapai nya tujuan dari organisasi, agar memberikan dampak baik untuk kepentingan bisnis nya dalam mengambil keputusan suatu perusahaan.
6.        Empat komponen dari arsitektur BI: Data Warehouse, Business Analytic, Business Performance Manajement, User Interface.
7.        Pengertian OLTP: Online Transaction Proccessing, sistem yang memperoses transaksi secara langsung melalui komputer yang terhubung dalam jaringan. OLAP: Online Analytical Processing, metode pendekatan untuk menyajikan jawaban dari permintaan proses analisis yang bersifat dimensional secara cepat.
Perbedaan nya adalah OLAP digunakan sebagai pengambilan suatu keputusan atau menganalisa dengan akses data dalam jumlah besar secara efektif. Sedangkan OLTP berguna untuk mendukung pekerjaan sehari-hari didalam perusahaan.
8.        Data Warehouse yang mendukung pengambilan keputusan: DSS (Decission Support System) adalah cara mengambil keputusan suatu masalah untuk menemukan solusi terbaik dari permasalahan tersebut.
Konsep Data Warehouse adalah Data Mart, suatu bagian pada DW yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data. Operational Data Stores, kumpulan database yang terintegrasi yang didesain untuk mendukung operational mentoring. Enterprise Data Warehouse, Data Warehouse yang meliputi seluruh area subjek dengan scoope di seluruh perusahaan. Metadata, informasi yang terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan suatu informasi yang dengan mudah di cari kembali. Dan Operational Mart.


Comments